By | 7 Oktober 2018
Jika kamu pernah remaja di era tahun 2002an, kamu bakal tidak akan lupa dengan film fenomenal yang satu ini. Ya ! Film Ada Apa Dengan Cinta alias AADC. Film arahan Riri riza dan Mira Lesmana ini tidak hanya membangkitkan perfilman tanah air yang mati suri pada saat itu, namun juga memberikan trend fenomena pada anak remaja saat itu.
Berikut kita, akan mengulas tentang 5 Fenomena yang Terjadi pada Remaja Saat Muncul Film AADC 1 yang sayang jika dilewatkan !
1. Remaja Cowok mendadak cool seperti Rangga
 
Tokoh yang Rangga yang diperankan Nicolas Saputra memang sangat fenomenal sekaligus misterius. Pembawaanya yang cool memang menjadi daya tarik untuk kaum hawa. Hal ini diperkuat teori bahwa semakin misterius cowok, maka cewek akan mengejarnya. Nah fenomena inilah yang menjadi trend dikalangan remaja cowok pada saat itu. Menjadi cool.
2. Remaja menjadi gandrung akan puisi
Ku lari ke hutan, kemudian menyanyiku
Ku lari ke pantai, kemudian teriakku
Sepi-sepi dan sendiri
Aku benci                                                                         
 
Aku ingin bingar,
Aku mau di pasar
Bosan Aku dengan penat,
Dan enyah saja kau pekat
Seperti berjelaga jika Ku sendiri
 
Pecahkan saja gelasnya biar ramai, 
biar mengaduh sampai gaduh,
Ada malaikat menyulam jaring laba-laba belang di tembok keraton putih,
Kenapa tak goyangkan saja loncengnya, biar terdera
Atau aku harus lari ke hutan lalu belok ke pantai?
 
Puisi diatas merupakan puisi fenomenal yang ada dalam film tersebut. Keindahan puisi tersebut berhasil membius remaja pada saat itu untuk lebih menyukai puisi. Saat itu banyak remaja mendadak rajin membuat puisi dan mengikut sertakan dalam lomba-lomba puisi dan mading. Mmmm…seru juga ya.
3. Mading menjadi media favorit
 
Pada saat itu, gadget atau media belum secanggih saat ini. Media televisi dan koran menjadi media yang paling diandalkan. Namun setelah muncul Film AADC, yang didalamnya menceritakan genk mading yang diketuai Cinta yang diperankan Dian Sastro, mading berubah menjadi media favorit bagi kalangan remaja saat itu.
4. Kaos kaki panjang jadi trend bagi remaja Cewek
 
Fashion saat itu, genk mading selalu menggunakan kaos kaki panjang dalam adegan memakai baju sekolah. Nah disaat itulah, trend fashion ini menjadi booming dikalangan remaja cewek. Hampir dipastikan model pakaian itu menjadi pakaian seragam seragam sehari-hari bagi remaja cewek.
5. Buku sastra menjadi buku favorit
 
Dalam jalan ceritanya, buku Rangga yang hilang berhasil ditemukan oleh Cinta adalah buku yang juga menyedot perhatian remaja. Ya! buku AKU karya sastrawan terkenal Chairul Anwar. Buku ini kemudian banyak dicari oleh para remaja untuk dibaca dan dijadikan sumber inspirasi.
Gimana? sedikit bernostalgia bukan?