By | 7 Oktober 2018
Sepasang mata sangatlah penting dalam tubuh manusia. Meskipun begitu, banyak orang yang lupa untuk menjaga organ yang vital ini. Gaya hidup merupakan permasalahan utama. Berikut adalah kebiasan yang tidak sadar busa merusak mata.
1. Ngemil

Rasa gurih dan nikmatnya camilan ternyata tidak bagus untuk kesehatan mata. Kandungan garam pada cemilan bisa membuat matamu kering dan iritasi. Efeknya matamu tidak terlindungi dengan baik karena sedikitnya cairan pada mata.
2. Merokok

Berdasarkan penelitian dari Harvard, merokok bisa mengakibatkan katarak. Selain itu, merokok juga meningkatkan risiko kehilangan penglihatan hingga empat kali lipat karena bahan kimianya.
3. Menatap layar komputer

Terlalu sering menatap komputer membuat kamu jarang berkedip. Akibatnya matamu lebih cepat kering. Terlalu fokus dengan monitor juga membuat kedipan tidak sempurna.
4. Menggosok mata dengan tangan

Ternyata tidak bagus menggosok mata dengan tangan. Apalagi, setelah ada embusan angin. Jika ada kotoran yang masuk kemudian digosok, kotoran tersebut bisa menganggu sensitivitas pada kornea.
5. Terlalu banyak belajar

Berdasarkan survei dari King College London, terlalu lama bersekolah ternyata tidak bagus untuk mata. Hal ini dikarenakan terlalu sering mengakses komputer untuk belajar. Untuk menghindarinya, kamu harus menggunkan waktu senggangmu untuk melakukan hal lain.