By | 7 September 2018
Pasti dong pernah mengalami sakit kepala? sakit kepala memang sangat mengganggu jika terjadi ditengah rutinitas kerja. Cara yang sering dilakukan untuk mengatasi sakit kepala adalah dengan meminum obat. Jika kita telusuri mengatasi sakit kepala dengan menggunakan obat kimia sebenarnya tidak baik dilakukan, mengingat akan terjadi penumpukan kadar zat kimia dalam tubuh jika sering dilakukan.
Nah, kali ini kita akan memberi sedikit tips bagaimana mengatasi sakit kepala tanpa harus minum obat.
1. Meminum Kopi
Rasanya sedikit aneh. Namun cara ini akan bisa mengatasi sakit kepala yang kita alamai. Diam-diam kafein yang terdapat dalam kopi memiliki manfaat positif. Yaitu, dapat membantu mengatasi rasa sakit kepala dan membuat tubuh merasa lebih baik.
Kok bisa? Karena kandungan kafein dalam kopi 40% lebih efektif dalam mengobati sakit kepala. Tapi ingat, jangan terlalu banyak minum kopi karena bisa memicu sakit kepala lagi, jadi minumlah kopi tidak lebih dari 2-3 cangkir / harinya.
2. Gunakan Es Batu
Cara ini memang lumayan ampuh untuk meredakan nyeri dibagian kepala. Tahukan anda, ternyata es batu juga dapat kita gunakan untuk mengurangi rasa sakit pada kepala. Caranya mudah, kita hanya perlu mengosok-gosokan / mengkompreskan es batu secara perlahan pada daerah kepala anda yang terasa sakit. Es batu akan menyebabkan mati rasa pada daerah kepala yang terasa sakit, sehingga akan mengurangi rasa sakit kepala.
3. Pergi ketempat gelap
 
Cara ini tergolong ampuh. Saat sakit kepala, kadang cahaya lampu justu membuat Anda tak nyaman. Cobalah untuk memadamkan lampu, kemudian baringkan badan di tempat tidur sambil pejamkan mata.
4. Lakukan Streching atau Yoga
Otot-otot yang kaku juga bisa menyebabkan sakit kepala. Streching merupakan gerakan pergangan (senam). Sakit kepala juga dapat disebabkan oleh otot-otot yang tegang, jadi jika anda sakit kepala, cobalah untuk melakukan gerakan-gerkan senam, atau bisa juga dengan melakukan yoga.

5.  Minumlah Air Putih 
Salah satu penyebab sakit kepala adalah karena dehidrasi / kekurangan cairan pada tubuh. Dan kita pun tentu sudah mengetahui bahwa air merupakan komponen asupan yang sangat diperlukan oleh tubuh. Maka dari itu, jika anda terserang sakit kepala, segeralah minum air putih. Kemudian biasakan minum air putih 8 – 10 gelas per harinya agar anda terhindar dari sakit kepala.