By | 7 Oktober 2018
Matahari adalah bintang yang berbentuk bola gas terionisasi menyala di luar angkasa yang menjadi jantung bagi Tata Surya kita. Peran Matahari bagi kehidupan di Bumi sangat vital meski tak banyak manusia tahu akan pentingnya eksistensi Matahari. Inilah 7 hal tentang Matahari yang perlu anda ketahui.
1. Kandungan Matahari

Matahari bukanlah sebuah planet, melainkan sebuah bintang dengan permukaan berbentuk gas terionisasi atau plasma yang tersusun atas 92.1% hidrogen dan 7.8 % helium.

2. Matahari Sebagai Pusat Tata Surya

Sejak kematian Galileo Galilei, teori berubah yang semula Geosentris menjadi Heliosentris. Matahari menjadi pusat dari Tata Surya dengan Massa Matahari meliputi 99.8% massa Tata Surya.

3. Perbandingan Matahari dengan Bumi

Bila dibandingkan dengan diameter Bumi, Matahari berdiameter 108 cm maka diameter Bumi hanya sebesar 1 cm.

4. Kondisi Matahari

Permukaan Matahari berbentuk plasma tidak seperti planet. Karenanya, rotasi di wilayah ekuator dan di wilayah kutub memiliki perbedaan waktu rotasi. Di wilayah ekuator Matahari berotasi selama 25 hari* sedang di kedua kutubnya Matahari berotasi selama 36 hari. (*Hari = 1 hari di Bumi)

5. Benda yang Mengitari Matahari

Matahari di orbit oleh 8 planet, 5 planet kerdil, 10 ribu asteroid dan ratusan ribu hingga 3 triliun komet dan bebatuan es luar angkasa.

6. Suhu Permukaan Matahari

Suhu permukaan Matahari tentu sangat panas. Suhu dipermukaan Matahari mencapai 15 juta derajat Celsius.

7. Matahari Menghilang

Jika Matahari tidak lagi memancarkan energinya berupa cahaya Matahari maka diperkirakan Bumi tidak akan lagi memiliki kehidupan didalamnya.

Bagaimana? manusia tidak bisa hidup tanpa Matahari. Maka sebaiknya kita lebih banyak bersyukur karena masih diberikan Matahari yang setia memancarkan cahayanya hingga saat ini.