By | 7 Oktober 2018
Apakah kalian berketombe? Memang sangat mengganggu ya. Sebelum bagaimana menanganinya, terlebih dahulu kita harus tau apa itu ketombe. Menurut Wikipedia, Ketombe (juga disebut sindap dan kelemumur; dengan nama ilmiah Pityriasis capitis) adalah pengelupasan kulit mati berlebihan di kulit kepala. Sel-sel kulit yang mati dan terkelupas merupakan kejadian alami yang normal bila pengelupasan itu jumlahnya sedikit. Namun, ada orang yang mengalami secara terus menerus (kronis ataupun sekali-sekali, pengelupasan dalam jumlah yang besar yang diikuti dengan pemerahan dan iritasi. Kebanyakan kasus ketombe dapat disembuhkan dengan shampoo khusus atau pengobatan bebas.

Ketombe yang nampak dengan jelas di baju berwarna hitam pada seorang wanita. Ketombe dapat juga merupakan gejala seborrhoeic dermatitis, psoriasis, infeksi jamur atau kutu rambut. Bila mengalami ketombe, menggaruk kepala secara berlebihan harus dihindari. Menggaruk bagian tersebut dapat menyebabkan kerusakan kulit, yang selanjutnya dapat meningkatkan risiko infeksi, terutama sekali dari bakteri staphylococcus aureus dan streptococcus. Walaupun infeksi bakteri ini merupakan risiko terbesar dari ketombe, kebanyakan orang akan menemukan bahwa ketombe dapat menyebabkan isu sosial hilangnya kepercayaan diri bagi penderitanya. Oleh karenanya, pengobatan segera menjadi sangat penting untuk murni alasan sosial.
Apa penyebabnya?
Sejalan dengan bertumbuhnya kulit, sel-sel epidermal akan terdorong keluar, di mana mereka pada akhirnya mati dan terkelupas dari kepala. Pada umumnya, pengelupasan ini terlalu kecil untuk dapat terlihat mata. Namun, kondisi tertentu menyebabkan pergantian/pertumbuhan sel menjadi terlalu cepat, khususya umum terjadi di kulit kepala. Pada orang berketombe, sel-sel kulit mungkin mati dan digantikan setiap kira-kira dua minggu sekali, sedangkan pada orang tanpa ketombe, siklus ini berlangsung satu bulan sekali. Hasilnya, sel-sel kulit mati akan terlepas dan menumpuk dalam jumlah yang besar, yang tampak sebagai serpihan-serpihan kecil berwarna putih atau kelabu di kulit kepala.
Nah berikut kita, akan sedikit memberikan tips untuk memerangi ketombe dalam waktu singkat.
1. Madu
Dr. Maloney, seorang dokter naturopati atau ahli obat alami, menyarankan agar Anda mengoleskan madu yang telah dicampur air, lalu diamkan selama tiga jam. Setelah itu, cuci hingga bersih. Madu akan membuat ketombe hilang dalam satu minggu.
2. Shampoo Tree Tea Oil
Shampoo yang mengandung tree tea oil dapat mengurangi ketombe karena mengandung minyak esensial yang merupakan antiseptik alami sebagai obat anti jamur. Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Journal of the American Academy of Dermatology edisi 47, kandungan tree tea oil merupakan obat yang efektif dalam memberantas ketombe.
3. Konsultasi dengan Penata Rambut
Terkadang, ketombe disebabkan oleh kesalahan pemakaian produk yang tidak cocok dengan jenis rambut Anda. Jika tidak ingin rambut semakin bermasalah, sebaiknya konsultasikan hal itu dengan sang penata rambut untuk mendapat pengarahan produk mana yang sesuai dengan rambut Anda.
4. Gunakan Shampoo Khusus Bila Rambut Berminyak
Bila rambut Anda berminyak dan ketombean, coba gunakan shampoo yang dikhususkan untuk jenis rambut ini. Mungkin perawatannya menjadi lebih mahal, tapi hal ini demi kesehatan ‘mahkota’ Anda. Jika ingin hasil yang maksimal, Anda disarankan pergi ke dokter kecantikan.
5. Mouisturizer Rambut
Ada beberapa faktor yang dapat menghilangkan kelembaban alami rambut, seperti kondisi lingkungan memburuk, polusi, sinar matahari, serta udara kering sehingga bisa menimbulkan masalah ketombe. Maka dari itu, rambut perlu dijaga kelembabannya dengan memakai moisturizer. Cuci rambut setidaknya dua hari sekali, kemudian tambahkan moisturizer dan kondisoner setelahnya.
6. Cari Tahu Jenis Ketombe
Ketombe mempunyai banyak varian, ada yang menyebabkan kulit mengelupas dan memerah. Jika seperti itu, butuh perawatan khusus atau konsultasi ke dokter. Makanya, kenali jenis ketombe Anda.
7. Pastikan Anda Tidak Memiliki Kutu
Ketombe dengan telur kutu sangat mirip yang terkadang membuat Anda keliru. Sebelum melakukan pengobatan, lebih baik yakinkan dahulu kalau itu benar-benar ketombe.