By | 26 Desember 2019

 

Jenis makanan dan minuman yang Anda konsumsi  juga mendukung penyembuhan suatu penyakit, salah satunya adalah luka bakar. Jenis makanan yang dikonsumsi tentunya mengandung kalori yang tinggi. Tujuannya adalah sebagai sumber energi. Disamping memberikan asupan yang bergizi, Anda juga membutuhkan obat luka bakar paling ampuh sebagai upaya untuk menyembuhkan pasien.

Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk melakukan diet luka bakar agar mempercepat proses penyembuhan. Pemilihan makanan yang lengkap nutrisinya sangat bagus untuk memperbaiki jaringan yang telah rusak. Semakin tinggi tingkat keparahan luka bakar, maka kebutuhan akan gizi juga semakin meningkat.

Diet untuk Penyembuhan Luka Bakar

Protein

Orang yang menderita luka bakar dianjurkan untuk banyak mengkonsumsi makanan berprotein tinggi. Hal ini berkaitan dengan fungsi protein untuk memperbaiki jaringan kulit yang rusak.

Apabila kekurangan jumlah protein di dalam tubuh dapat berpengaruh terhadap proses penyembuhan. Hal ini dikarenakan kekurangan protein akan berefek pada sistem kekebalan tubuh menurun, massa otot berkurang dan proses penyembuhan menjadi lama.

Karbohidrat

Karbohidrat merupakan sumber energi utama di dalam tubuh. Energi dari karbohidrat ini dapat digunakan untuk penyembuhan luka bakar. Hal ini dikarenakan proses penyembuhan membutuhkan banyak energi, yaitu sekitar 50-60 persen karbohidrat.

Apabila jumlah karbohidrat di dalam tubuh tidak terpenuhi, maka secara otomatis tubuh akan menggunakan protein sebagai sumber energi. Hal ini tentunya mempengaruhi proses penyembuhan karena fungsi utama protein adalah untuk memperbaiki jaringan bukan sebagai sumber energi.

Lemak

Fungsi lemak di dalam tubuh adalah sebagai sumber energi cadangan dalam proses penyembuhan luka. Adanya lemak dapat menyebabkan proses metabolisme menjadi meningkat.

Namun, jumlah lemak di dalam tubuh tidak boleh kebanyakan karena dapat menyebabkan peradangan dan sistem imun menurun. Kondisi tersebut justru menyebabkan proses penyembuhan luka semakin lama. Oleh karena itu, dalam kondisi parah, Anda membutuhkan  obat luka bakar parah seperti Hemolok.

Vitamin dan mineral

Jenis vitamin seperti A, B, C dan D dibutuhkan tubuh dalam jumlah yang tinggi saat proses penyembuhan luka. Selain itu, Anda disarankan mengkonsumsi mineral seperti seng, zat besi, natrium dan lainnya untuk menunjang proses penyembuhan.