By | 26 November 2019

Apabila Anda menderita alergi khususnya yang berkaitan dengan udara atau saluran pernapasan, maka tidak perlu risau karena sudah ada Obat pilek ampuh gak bikin ngantuk yang bisa mengatasi alergi seketika. Akan tetapi, masih banyak juga diantara kita yang berhadapan dengan mitos-mitos tertentu seputar alergi. Lantas, apakah kita harus percaya dengan mitos seputar alergi atau mengabaikannya begitu saja? Berikut ini beberapa mitos yang perlu dipahami bersama.

Serbuk sari dan alergi makanan

Penderita demam bisa menderita sindrom serbuk sari makanan. Juga dikenal sebagai sindrom alergi oral, ini terjadi ketika sistem kekebalan tubuh bereaksi terhadap alergen yang ditemukan dalam serbuk sari serta pada buah-buahan, sayuran, atau kacang-kacangan mentah tertentu. Berikut ini adalah beberapa contoh jenis serbuk sari yang terkait dengan makanan tertentu:

  1. apel, ceri, persik, pir, seledri, almond, dan hazelnut
  2. aprikot, ceri, nektarin, tomat, wortel, dan kenari
  3. melon, jeruk, semangka, kentang, dan kacang
  4. pisang, blewah, melon, mentimun, dan labu

Buah-buahan dan sayuran ini mungkin tidak memicu reaksi alergi ketika mereka dimasak, tetapi cara terbaik untuk mengobati sindrom serbuk sari makanan adalah dengan menghindari makanan-makanan ini.

Pindah ke negara lain bisa menghilangkan alergi

Alergen ada di mana-mana, jadi pindah lokasi ke negara lain mungkin tidak akan membantu Anda menghindari alergi. Ingatlah bahwa tanaman lokal menyerbuki sepanjang tahun di seluruh negeri, alergen di udara seperti serbuk sari dapat menempuh jarak yang jauh, dan alergen dalam ruangan, seperti bulu hewan peliharaan dan kecoak, dapatada di mana saja.

Perubahan iklim mungkin dapat mengurangi paparan terhadap alergen tertentu. Tungau debu, misalnya, tumbuh subur di panas dan lembab, jadi mereka akan berkurang saat berada di negara dengan iklim yang lebih kering. Tetapi bukan berarti Anda bisa terbebas dari alergi karena Anda juga berisiko menemukan penyebab alergi baru di lingkungan yang berbeda.

Itulah dua mitos yang sering beredar di masyarakat tentang alergi dan perlu di pahami faktanya. Selain mempersiapkan obat untuk alergi, siapkan juga obat sirup demam berdarah anak untuk berjaga-jaga di rumah Anda. Semoga bermanfaat.