By | 9 Oktober 2020

Cara mengatasi rambut kering secara alami dipercaya aman dan diakui oleh sebagian besar masyarakat. Tentunya diperlukan perawatan yang tepat, serta mengenali penyebabnya. Apalagi bila rambut kering hingga mengembang, kerap kali memengaruhi penampilan.

Terutama para wanita yang menjadi malu, hingga menggunakan berbagai produk kimia cara mengatasi rambut kering instan. Meski ada sebagian orang yang sensitif dengan beberapa kandungannya dan memberi masalah baru.

Rambut kering tidak menyerap atau mempertahankan kelembapan yang cukup, untuk menjaga tekstur dan kecerahannya. Sehingga mungkin terlihat kusam, rapuh dan tidak sehat. Demi memenuhi kelembapan tersebut, bisa dilakukan dari luar maupun dalam.

Rambut kering bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti paparan sinar matahari yang berlebih, kekurangan gizi, mencuci rambut berlebihan, penggunaan produk rambut yang keras, dan masih banyak lagi. Selain itu, ada pula yang disebabkan oleh kondisi medis tertentu.

Berikut beberapa cara mengatasi rambut kering secara alami. Demi menghindari mengembang seperti singa.

Minyak yang Kaya Vitamin E

Cara mengatasi rambut kering yang pertama ialah minyak yang kaya akan vitamin E. Minyak zaitun menjadi salah satu pengobatan rumahan paling populer untuk rambut kering.

Berbagai minyak dapat digunakan dengan hasil yang baik, seperti minyak kelapa, almond. minyak jarak, jojoba dan minyak jagung.

Semua minyak ini kaya vitamin E dan antioksidan. Sehingga mampu membantu menyegel lapisan rambut luar atau kutikula dengan kelembapan, sehingga memperbaiki kerusakan. Cara mengaplikasikannya sebagai berikut:

  • Hangatkan minyak tapi jangan sampai mendidih, takaran sesuai kebutuhan panjang rambut.
  • Pijat dengan lembut ke rambut selama beberapa menit.
  • Tutupi rambut dengan handuk hangat.
  • Biarkan selama 30-45 menit atau semalaman.
  • Setelah itu, keramas dan bilas rambut dengan shampo hingga bersih.
  • Perawatan ini akan memperkuat dan menambah kilau pada rambut kering.

Konsumsi Omega-3 dan Antioksidan

Cara mengatasi rambut selanjutnya bisa Anda lakukan perawatan dari dalam tubuh. Berdasar studi yang diterbitkan oleh National Institutes of Health, menambahkan omega-3 dan antioksidan akan menjaga rambut Anda, supaya tidak menipis dan membuat rambut terlihat lebih berkilau.

Selain menggunakan suplemen, Anda bisa mengonsumsi makanan berprotein laut, termasuk salmon, tiram, tuna, sarden, dan ikan kembung.

Selain itu Anda bisa mempertimbangkan untuk makan lebih banyak antioksidan. Baik untuk melawan stres oksidatif, yang membuat rambut terlihat lebih tua.

Beberapa makanan yang kaya antioksidan, seperti kenari, kacang merah, brokoli dan tomat. Serta menekankan lemak sehat, seperti yang ditemukan dalam minyak canola, untuk kesehatan rambut yang lebih baik.

Menggunakan Sampo Berbahan Ringan

Langkah berikutnya untuk mengatasi rambut kering yang bisa Anda lakukan ialah menggunakan produk shampo dengan bahan ringan. Hindari menggunakan sampo berbahan sulfat, alkohol dan pilihlah sampo yang hanya mengandung sedikit deterjen.

Selain itu, disarankan memilih sampo bahan ringan yang memang diperuntukkan untuk mengatasi rambut kering.

Hindari Mencuci Rambut Terlalu Sering

Sampo menghilangkan kotoran dan keringat dari rambut Anda, tetapi juga menghilangkan sebum. Tugasnya sebagai minyak alami yang membuat rambut Anda lebih mudah dirawat dan tampak berkilau. Bila sembum berlebih, menyebabkan penampilan rambut berminyak.

Sehingga cara mengatasi rambut kering bisa dengan menghindari mencucinya terlalu sering. Jika terlalu sering dicuci maka sebum akan terkelupas. Disarankan mencuci rambut atau keramas setiap dua hari sekali, dan melihat rambut tampak lebih sehat.

Apabila tidak bisa melewati satu hari untuk keramas, paling tidak gunakan sampo khusus untuk rambut kering atau bahkan coba sampo bayi.

Membungkus Rambut

Jika rambut Anda rapuh dan sulit ditata setelah keramas, bisa jadi rambut kehilangan terlalu banyak kelembapan selama proses pengeringan. Cobalah membungkus rambut dengan kain atau handuk setelah keramas, daripada membiarkannya mengering.

Semisal tidur dengan rambut basah, gunakan sarung bantal sutra. Supaya kelembapan rambut tidak terserap ke bantal.

Berdasar penelitian yang dipublikasikan NIH, mengamati kerusakan dengan membiarkan rambut tak terbungkus, sebanding dengan menggunakan pengering rambut.

Mengaplikasikan Gelatin

Cara mengatasi rambut kering selanjutnya bisa menggunakan gelatin. Gelatin merupakan sumber protein yang baik untuk rambut. Diketahui mampu melapisi setiap helai rambut dan melembabkannya, membuat rambut halus dan berkilau. Cara mengaplikasikannya yakni:

  • Campur 1 sendok makan gelatin dengan 1 cangkir air hangat.
  • Biarkan selama 5 menit agar gelatin mengeras sebagian.
  • Tambahkan 1 sendok teh (sdt) cuka apel dan 6 tetes minyak esensial, seperti melati, lavender, atau rosemary ke dalam wadah dan aduk.
  • Oleskan campuran tersebut untuk membersihkan rambut, sembari terus dipijat.
  • Terakhir, biarkan selama sekitar 10 menit dan bilas menggunakan air hangat hingga bersih.

Menggunakan Ramuan Telur dan Mayonaise

Cara mengatasi rambut kering secara alami berikutnya bisa memanfaatkan bahan mentah di rumah. Telur dan mayonaise mengandung banyak protein, yang membantu memperkuat rambut. Serta mengembalikan kelembapan pada rambut rapuh atau sangat kering.

Cara Pertama:

  1. Kocok putih telur bersama 2 sendok makan air hangat.
  2. Oleskan campuran pada rambut dan kulit kepala.
  3. Pijat menggunakan ujung jari dengan gerakan memutar selama beberapa menit.
  4. Bilas rambut dengan air dingin lalu keramas.

Cara Kedua:

  1. Kocok tiga telur dalam mangkuk, atau secukupnya sesuai panjang rambut.
  2. Tambahkan 2 sendok makan minyak zaitun dan 1 sendok makan madu.
  3. Oleskan ramuan tersebut ke rambut dan kulit kepala.
  4. Tutupi kepala dengan penutup plastik atau topi mandi (shower cap) selama sekitar 30 menit.
  5. Bilas rambut dengan air dingin dan sampo.

Cara Ketiga:

  1. Basahi rambut dengan air hangat, lalu oleskan lembut menggunakan mayones yang tebal.
  2. Pijat lembut rambut dan kulit kepala, balurkan merata melalui helai rambut sampai ke ujung.
  3. Tutupi kepala selama 30 menit hingga 1 jam.
  4. Bilas rambut dengan air dingin dan sampo.

Batasi Penggunaan Alat Styling Rambut

Cara mengatasi rambut kering berikutnya dengan membatasi penggunaan alat styling. Sebab beberapa pengering rambut, catokan, dan pengeriting akan mempercepat kerusakan rambut. Memberi panas akan menambah rambut Anda cepat kering dan mengembang.

Menggunakan Kondisioner

Rutin menggunakan kondisioner setelah keramas juga baik untuk mengatasi rambut kering. Kondisioner bisa membuat kultikula rambut tetap sehat, serta menjaga kadar minyak alami. Selain itu, kondisioner juga membuat rambut jadi lembap dan lebih sehat.

Menggunakan Ramuan Yogurt dan Minyak

Yogurt dan minyak dapat menjadi perawatan masker rumahan yang efektif untuk rambut kering. Langkah mudahnya yaitu:

  • Sediakan setengah cangkir yogurt tawar atau secukupnya.
  • Lalu tambahkan 2 sendok makan minyak zaitun dan 6 tetes minyak esensial. Aduk rata.
  • Oleskan ramuan masker tersebut ke rambut yang yang sudah keramas.
  • Tutupi dengan plastik atau topi mandi dan biarkan selama 15-20 menit.
  • Bilas rambut secara menyeluruh dengan air hangat.

Mengoleskan Pasta Alpukat

Cara mengatasi rambut kering secara alami berikutnya bisa memanfaatkan buah alpukat. Buah ini kaya akan vitamin A dan E, lemak jenuh, dan mineral. Semuanya menutrisi rambut rusak, kering, serta membantu melembabkan dan memperkuatnya.

Langkah mudahnya, cukup haluskan alpukat matang yang sudah dikupas. Tambahkan satu telur dan aduk merata. Oleskan campuran tersebut pada rambut basah selama 20 menit. Kemudian bilas hingga bersih.

Menggunakan Masker Pisang

Pisang mengandung banyak kalium dan memiliki kadar air yang tinggi, sehingga cocok untuk merawat rambut kering. Khasiatnya yang bermanfaat, pisang dapat mencegah ujung bercabang, melembutkan rambut, dan meningkatkan elastisitas. Cara mengatasi rambut kering secara alami yakni, tumbuk satu buah pisang.

Kemudian oleskan masker pisang secara menyeluruh pada rambut, dari akar hingga ujungnya. Biarkan selama 1 jam dan bilas dengan air hangat.

Menggunakan Pelindung Kepala saat Keluar Rumah

Cara mengatasi rambut kering sekaligus mencegahnya tambah mengembang seperti singa, bisa dengan topi. Terutama bagi Anda yang kerap keluar rumah dengan cuaca panas dan paparan sinar matahari terlalu lama.

Sebaiknya menggunakan topi atau pelindung kepala demi menjaga rambut. Selain itu, menggunakan topi renang bila berenang, serta shower cap saat mandi. Hal ini untuk melindungi rambut dari klorin dan air garam.