By | 2 April 2019
Bagaimana cara Anda membersihkan telinga, Ladies? Umumnya orang menggunakan cotton bud. Pembersih dengan dua sisi kapas lembut ini memang sering digunakan untuk membersihkan lubang telinga oleh banyak orang.
Bila kita perhatikan di balik kemasan, cotton bud ini memang tidak hanya digunakan untuk membersihkan telinga. Pada sadarnya, cotton bud pun kurang direkomendasikan untuk membersihkan bagian dalam telinga kita. Mengapa?
Membersihkan telinga dengan menggunakan cotton bud sebenarnya berpeluang untuk mendorong kotoran makin masuk ke telinga. Terutama bila material kotoran telinga kita lebih keras dan tidak lembek atau cair. Menggunakan cotton bud bisa saja membantu kita membersihkan telinga, namun perlu kehati-hatian dan tidak bisa terlalu sering.
Telinga sebenarnya mampu membersihkan dirinya sendiri. Kecuali bila memang ada kotoran atau infeksi yang mengganggu. Memang memerlukan bantuan dari dokter. Bila Anda ingin menggunakan cotton bud, mulailah dengan bagian terluar dari lubang telinga dan pelan-pelan mengeluarkannya.
Alternatif lain untuk membersihkan telinga dalam adalah dengan menggunakan baby oil, . Gunakan 3-4 tetes baby oil yang diteteskan ke dalam telinga. Tutup telinga dengan bantalan kapas dan tunggu 10-15 menit. Setelah itu, buka kapas dan buang kapan yang sudah menangkap kotoran telinga tersebut. Terakhir, teteskan air hangat ke telinga Anda, tutup dengan handuk dan arahkan telinga Anda ke bawah sehingga kotoran yang lengket bisa keluar.
Cara ini akan memudahkan Anda mengeluarkan kotoran tanpa menggunakan cotton bud. Bila Anda memiliki masalah telinga yang akut, sebaiknya hubungi dokter THT dan berkonsultasi mengenai solusi membersihkan telinga tersebut.