By | 21 April 2020

Saat ini mungkin saja kita sudah sangat dimudahkan dengan keberadaan kulkas atau lemari pendingin sebagai salah satu alat untuk meletakan beragam jenis olahan agar tetap awet dan tanah lama. Namun, sayangnya sebagian dari kita masih belum memahami apa saja jenis bahan makanan yang boleh diletakkan di lemari es atau pun mana yang sebaiknya diletakkan di suhu ruang saja.

Untuk kamu yang penasaran apa saja jenis bahan makanan yang sebaiknya tidak kamu letakkan di kulkas, berikut lima daftarnya!

1. Minyak

Jika kamu memiliki minyak di rumah, khususnya untuk jenis minyak zaitun, maka sangat tidak disarankan untuk meletakannya di dalam lemari es. Cukup simpan di suhu ruang saja untuk tetap menjaga cita rasa dan konsistensi dari minyaknya. Sebaliknya, bila kamu menyimpan minyak di kulkas, maka udara dingin dari kulkas hanya akan mengubah tekstur dari minyak menjadi lebih keras dan padat layaknya mentega.

 

2. Biji kopi

Tidak disarankan untuk kamu yang gemar membeli biji kopi untuk meletakkannya begitu saja di kulkas. Biji kopi dapat sangat cepat menyerap aroma di sekitarnya dan itu akan menyebabkan aroma dari kopi menjadi tidak original lagi. Selain itu, pada suhu dingin ternyata kopi dapat mengeluarkan uapnya. Cukup simpan kopi dalam wadah kedap udara dan di bawah suhu ruang.

3. Daun beraroma menyengat

Kita tentu telah mengetahui apa saja jenis daun yang memiliki aroma cukup menyengat, sebut saja seperti daun bawang dan daun kemangi. Jenis daun seperti ini tidak disarankan untuk diletakkan di kulkas karena akan membuatnya layu saat terpapar udara dingin. Untuk menjaga kesegarannya, maka kamu dapat meletakkannya dengan tambahan air untuk tetap memastikan kesegarannya.

 

4. Aneka kacang kupas

Memang kita sering kali berpikir bahwa kulkas adalah tempat penyimpanan terbaik, padahal tidak demikian untuk aneka jenis kacang kupas. Jika kamu meletakannya di kulkas, maka hanya akan membuatnya mudah dalam menyerap aroma lain yang ada di kulkas. Bila kamu ingin meletakkan kacang di kulkas, maka sebaiknya panggang dulu terlebih dahulu.

5. Bawang-bawangan

Bawang merupakan salah satu jenis bahan makanan yang memiliki cita rasa dan aroma yang sangat kuat. Namun, aroma dari bawang akan memudar bila kamu meletakkannya di dalam kulkas. Oleh sebab itu, kamu harus meletakannya di suhu ruang agar memastikan aroma dari bawang tetap terjaga dengan baik.

Nah, beberapa jenis bahan makanan di atas wajib kamu catat dan ingat agar tak kamu letakkan sembarangan di kulkas. Yuk, jadi lebih selektif dalam meletakkan bahan makanan, ya!