By | 6 Mei 2020

Ketika di rumah, Anda mungkin berpikir kulit Anda menjadi lebih sehat karena terhindar dari polusi, sinar matahari, dan terhindar dari zat kimia lainnya. Namun meski di rumah saja, Anda justru mengalami masalah jerawat. Apa sebenarnya penyebab jerawat bisa muncul meski Anda di rumah saja?

Penyebab jerawat muncul meski di rumah saja

Jerawat adalah kondisi kulit yang terjadi ketika folikel rambut, atau bagian kulit tempat tumbuhnya rambut, tersumbat oleh minyak dan sel-sel kulit mati. Jerawat biasanya muncul di wajah, tetapi kondisi kulit ini juga bisa terjadi di dada, punggung, dan bahu.

Umumnya, jerawat terjadi karena beberapa faktor, seperti kelebihan produksi minyak di kulit, menumpuknya sel-sel kulit mati di pori-pori, menumpuknya bakteri di kulit. Selain itu, ada pula faktor hormon yang menjadi penyebab jerawat.

Banyak orang berpikir jerawat muncul karena muka yang tidak bersih akibat polusi dan aktivitas di luar rumah. Namun, sebenarnya jerawat pun bisa muncul meski Anda hanya berada di rumah. Berikut beberapa penyebabnya:

1. Kekurangan vitamin D

Vitamin D sangat penting untuk kesehatan kulit dan tubuh. Tubuh membutuhkan vitamin D untuk meningkatkan sistem kekebalan yang pada akhirnya juga baik untuk kesehatan kulit. Selain itu, vitamin D juga bersifat antibakteri yang dapat membantu kulit mencegah peradangan akibat bakteri.

Vitamin D secara alami dapat diperoleh dari sinar matahari. Dengan demikian, seseorang yang hanya di rumah saja berisiko mengalami kekurangan vitamin D dan bisa saja jerawat menjadi muncul, meski hal ini tidak sepenuhnya bisa terjadi pada setiap orang.

Beberapa studi menunjukkan adanya hubungan antara vitamin D dan jerawat. Orang yang memiliki jerawat cenderung kekurangan vitamin D dan orang yang berjerawat pun bisa menjadi lebih parah jika memiliki kadar vitamin D yang rendah.

2. Konsumsi makanan penyebab jerawat

Salah satu penyebab munculnya jerawat, yaitu makanan yang Anda konsumsi. Saat di rumah saja, Anda mungkin merasa bosan dan cenderung mengonsumsi banyak makanan untuk menghilangkan kebosanan tersebut.

Ada beberapa jenis makanan yang buruk untuk kesehatan kulit Anda, termasuk berisiko jerawat muncul bila dikonsumsi berlebihan, meski hanya di rumah. Namun, beberapa makanan ini masih memerlukan penelitian lanjutan untuk kaitannya dengan jerawat. Berikut beberapa makanan penyebab jerawat:

  • Makanan mengandung gula dan karbohidrat olahan, seperti roti, sereal, biskuit, pasta yang dibuat dari tepung terigu putih serta soda dan minuman mengandung pemanis lainnya.
  • Produk susu.
  • Makanan cepat saji.
  • Coklat.
  • Makanan yang kaya akan asam lemak omega 6, seperti jagung dan minyak kedelai.
  • Makanan berminyak dan gorengan.

3. Kurang tidur atau begadang

Ketika Anda berada di rumah saja karena sedang melakukan social distancing atau sedang menikmati hari libur, Anda mungkin sering menonton televisi atau film hingga larut malam. Hal ini justru tidak baik bagi kesehatan kulit Anda.

National Sleep Foundation menyebut, tidur sangat penting untuk fungsi tubuh setiap orang. Adapun kurang tidur dapat melepas kortisol atau hormon stres yang dapat mendorong peradangan pada kulit, termasuk jerawat. Dengan pola tidur yang kurang, jerawat mungkin saja muncul meski Anda hanya berada di rumah.

Terkait hal ini, National Sleep Foundation merekomendasikan tidur yang baik, yaitu selama tujuh hingga sembilan jam dalam semalam untuk orang dewasa. Tidur yang cukup memberikan kesempatan kepada tubuh untuk memulihkan diri dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

4. Barang yang terkontaminasi bakteri

Salah satu penyebab jerawat, yaitu bakteri yang menumpuk di kulit. Meski Anda hanya di rumah, Anda masih mungkin terkena bakteri yang bisa membuat jerawat muncul.

Dilansir dari Everyday Health, Francesca Fusco, seorang Asisten Profesor Klinis Dermatologi dari Mount Sinai Medical Center di New York, US, mengatakan, salah satu barang yang cenderung terkena bakteri dan dekat dengan kulit Anda, yaitu handphone atau telepon genggam.

Saat di rumah saja, Anda pasti cenderung lebih sering menggunakan telepon genggam agar tetap terhubung dengan teman, keluarga, atau sekadar melihat media sosial. Anda mungkin tidak menyadari bahwa ada bakteri pada permukaan telfon genggam tersebut. Ketika Anda mendekatkannya ke wajah atau tangan Anda menyentuh wajah, bakteri tersebut bisa saja menyebabkan jerawat.

Selain telepon genggam, barang lainnya juga bisa mengandung bakteri bila jarang dibersihkan, seperti sarung bantal dan kasur, laptop, atau barang lainnya yang rentan kotor dan cenderung dekat dengan kulit Anda.