By | 19 September 2019

Semua ibu di dunia pasti memimpikan untuk bisa melahirkan secara normal, tapi berbagai pertimbangan medis kadang mengharuskan ibu untuk melahirkan lewat operasi Caesar. Pasca operasi, seorang ibu harus berjuang untuk bisa menyusui si bayi dan juga memulihkan diri sendiri terutama bekas luka operasi. Ternyata Anda juga harus mengkonsumsi makanan yang bergizi agar luka bisa segera sembuh.

Tips Mempercepat Penyembuhan Luka Pasca Operasi Caesar

Sebenarnya hampir tak ada makanan apapun yang pantang untuk dimakan ibu pasca operasi Caesar. Justru Anda harus rutin mengkonsumsi segala jenis makanan yang bergizi serta istirahat yang cukup. Berikut ini beberapa makanan yang bisa membantu luka Caesar Anda cepat pulih:

Makanan Berprotein Tinggi

Makanan yang mengandung protein tinggi bisa membantu meregenerasi sel-sel dan jaringan otot yang rusak setelah prosedur pembedahan. Selain itu, protein juga bisa membantu menguatkan kembali otot-otot pasca operasi. Anda bisa mengkonsumsi makanan seperti daging merah, ikan, daging ayam, putih telur, dan susu.

Makanan Kaya Kandungan Vitamin A dan C

Vitamin C juga sangat bagus untuk membantu meregenerasi sel-sel yang rusak karena pembedahan. Vitamin C juga bisa membantu mencegah inflamasi setelah operasi. Setelah operasi Anda harus rutin mengkonsumsi makanan yang kaya vitamin C seperti buah-buahan.

Kemudian Anda juga harus mengkonsumsi makanan yang kaya vitamin A yang terdapat pada buah-buahan berwarna orange dan merah. Misalnya saja tomat, pepaya, atau wortel. Kandungan vitamin A ternyata juga merupakan obat untuk mempercepat penyembuhan luka yang alami dan aman.

Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti bayam, kangkung, daun singkong, sawi, dan lain-lain kaya akan zat besi. Kandungan zat besi pada sayuran hijau ini bisa membantu memulihkan darah yang hilang selama proses operasi caesar. Zat besi juga bisa mengembalikan kadar sel darah merah (hemoglobin) yang berfungsi membawa oksigen ke seluruh tubuh.

Perbanyak Air Putih

Untuk menghindari konstipasi, Anda harus rutin minum air putih minimal 8-10 gelas perhari. Selain air putih, Anda juga bisa meminum jus buah rendah gula, susu, infused water, sup hangat, atau buah-buahan yang kaya kandungan air.

Istirahat yang cukup juga bisa membantu memulihkan kondisi Anda pasca operasi caesar. Kepala Anda sering sakit? Mungkin itu gejala vertigo yang tak Anda pahami. Ingin tahu gejala vertigo dan cara mengatasinya? Simak saja ulasan lengkapnya hanya disini.