By | 20 Desember 2018
Sea Games merupakan pertandingan olahraga yang diadakan 2 tahun sekali oleh negara-negara ASEAN untuk mempererat hubungan multinasional. Di setiap ajang Sea Games para tuan rumah berlomba mencitrakan jati diri bangsanya melalui sebuah maskot. Dari tahun ke tahun maskot tersebut berubah seiring berubahnya tuan rumah dalam ajang Sea Games tersebut. Tetapi bagaimana bentuk maskot Sea Games dari dulu hingga sekarang? Berikut maskot ajang Sea Games dari masa ke masa yang telah kami rangkum.
1. Sea Games XVI, Filipina  1991
Kikong Labuyo
Kikong Labuyo adalah seekor ayam jantan yang dibagian ekornya diberi sentuhan khas warna bendera Filipina. Ayam pada kala itu adalah binatang ciri khas Filipina.

2. Sea Games XVII, Singapura 1993

Singa
Singa adalah maskot Sea Games pada tahun 1993, pengambilan karakter ini diambil dari ikon negara Singapura yaitu Singa.
3. Sea Games XVIII, Thailand 1995

Sawasdee
Maskot Sea Games 1995 di Thailand bernama Sawasdee. Maskot Sea Games yang diambil dari karakter kucing siam. Kucing siam salah satu binatang khas Thailand yang dipercaya membawa kemakmuran.
4. Sea Games XIX, Indonesia 1997

Hanoman
Hanoman salah satu tokoh dalam dunia wayang Ramayana yang sangat terkenal di Indonesia dan ikon ini sangat kental pada masyarakat indonesia.
5. Sea Games XX, Brunei 1999

Awang Budiman
Awang Budiman mencerminkan kepribadian masyarakat Asia Tenggara yang ramah tamah dan berbudi pekerti luhur.
6. Sea Games XXI, Malaysia 2001

Si Tumas
Si Tumas adalah seekor tupai yang melambangkan kelincahan dan kecerdasan.

7. Sea Games XXII, Vietnam 2003
Trau Vang

Trau Vang adalah kerbau yang kuat dan besar, tapi lembut dan pintar. Kerbau seperti ini biasa ditemui di Vietnam dan negara peserta SEA Games.

8. Sea Games XXIII, Filipina 2005
Gilas
Gilas adalah burung elang khas negara Filipina yang elegan, penuh kekuatan, dan harga diri.

9. Sea Games XXIV, Thailand 2007

Can

Maskot SEA Games 2007 adalah kucing siam, yang diberi nama CAN. Maskot ini dipilih melalui perlombaan yang dimenangkan oleh seorang anak perempuan yang masih berumur delapan tahun, Piyathida Sreewimon. Maskot tersebut memakai Pha Khao Ma, yang merupakan kain tradisional Thailand. Dan memegang Kaen, alat musik tiup tradisional. Kucing siam dipilih karena masyarakat Thailand percaya bahwa kucing siam dapat memberikan keberuntungan dan kemakmuran.

10. Sea Games XXV, Laos 2009
Ms. Champee dan Mr. Champa
Ms. Champee dan Mr. Champa
Dua gajah putih yang melambangkan Laos sebagai “kerajaan jutaan gajah” (Lan Xang) dipilih sebagai Maskot Resmi. Nama gajah tersebut adalah Ms. Champee dan Mr. Champa.
11. Sea Games XXVI, Indonesia 2011

Modo-Modi
Maskot resmi SEA Games 2011 ini adalah Modo dan Modi, sepasang komodo. Maskot ini diadopsi dari binatang komodo sebagai hewan purba endemik kebanggaan Indonesia, yang terdapat di Taman Nasional Komodo, meliputi pulau Komodo, pulau Rinca, dan pulau Padar, Nusa Tenggara Timur.
Modo adalah komodo jantan yang mengenakan kostum tradisional Indonesia berwarna biru dengan selempang sarung batik. Sementara, Modi adalah komodo betina yang mengenakan kebaya merah juga dengan selendang dan kain batik. “Modo” adalah singkat dari nama Komodo, sementara “Modo-Modi” adalah ejaan modifikasi dari Muda-Mudi yang berarti “pemuda-pemudi”, dalam bahasa Indonesia yang berarti remaja-remaja Indonesia.
Modo dan Modi ini mempunyai sifat pekerja keras, jujur, adil, ramah, bersahabat, dan sportif. Sifat Modo dan Modi yang serba positif dan mencerminkan kepribadian bangsa Indonesia ini diharapkan dapat melestarikan keharmonisan kerjasama dan persahabatan sesama negara peserta SEA Games.
12. Sea Games XXVII, Myanmar 2013

Shwe Yoe dan Ma Moe
Maskot resmi SEA Games 2013 adalah sepasang burung hantu yang dianggap sebagai pembawa keberuntungan di tradisi Myanmar. Secara global, burung hantu dianggap sebagai hewan paling bijak, paling tenang, dan seiambang. Di Myanmar, burung hantu diharapkan dan dipercaya membawa keberuntungan dan kemakmuran pada keluarga.
13. Sea Games XXVIII, Singapura 2015

Nila
Nila berasal dari nama pendiri Kerajaan Singapura, Pangeran Sang Nila Utama. Dia adalah pangeran dari Kerajaan Sriwijaya. Maskot ini memiliki banyak energi positif. Keberaniannya sejajar dengan kemampuan menjadi penyemangat di kerumunan. Rambut merahnya menyimbolkan gairah yang terbakar untuk olahraga. Wajahnya yang berbentuk hati menunjukkan persahabatan yang terjalin melalui kompetisi dan kecintaan pada olahraga. Selalu siap untuk bertanding. Nila selalu rapi dengan seragam khasnya atau pakaian olahraga bernuansa biru yang digunakan di kesempatan tertentu.
14. Sea Games XXIX, Malaysia 2017

RIMAU

Rimau adalah nama dari harimau Malaysia yang dijadikan  maskot SEA Games 2017. Bentuk aslinya yang seram dan memiliki sifat buas sudah tidak terlihat ketika Rimau dikonversi menjadi gambar animasi. Sekarang, Rimau terlihat berwibawa, bersahabat, kompetitif dan atletis.

Selama menjadi maskot SEA Games 2017, Rimau akan mengusung lima semboyan yang harus dimiliki tiap atlet, yakni respek, bersikap baik, integritas, persatuan, serta bergerak.