By | 24 Mei 2019

Jerawat merupakan salah satu masalah utama bagi sebagian besar orang. Jerawat dianggap merusak penampilan dan bisa meninggalkan bekas di wajah. Bekas jerawat pun tergolong sulit untuk dihilangkan dan membutuhkan waktu lama dengan perawatan yang intensif untuk menghilangkannya. Sehingga, langkah pencegahan pun perlu dilakukan agar dapat mencegah jerawat hadir di kulit wajah. Bagaimanakah caranya? Berikut ini beberapa trik yang bisa kamu coba.

Cuci Muka

Salah satu cara menghilangkan jerawat sekaligus mencegah jerawat timbul di wajah adalah mencuci muka. Mencuci muka merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan mengingat jerawat timbul karena adanya kotoran di wajah. Cucilah wajahmu secara rutin setidaknya 2 kali sehari yakni pada pagi hari dan pada malam hari sebelum beristirahat. Gunakan sabun cuci muka yang cocok untuk jenis kulitmu agar dapat menjaga kelembaban wajah.

Eksfoliasi

Eksfoliasi merupakan proses yang penting jika kamu ingin mencegah hadirnya jerawat di kulit wajahmu. Sebab, eksfoliasi berguna untuk meregenerasi sel kulit mati, mengencangkan pori-pori serta menyegarkan wajahmu. Pori-pori yang dikencangkan tersebutlah yang menjadi kunci untuk mencegah timbulnya jerawat di wajah. Oleh karena itu, lakukanlah proses eksfoliasi dengan menggunakan scrub sekali setiap minggunya agar kulit wajahmu tetap sehat.

Hindari sering menyentuh wajah

Apakah kamu sering menyentuh wajahmu setiap harinya? Jika iya, maka sebaiknya hentikan kebiasaan tersebut karena bisa menimbulkan jerawat di wajahmu. Ya, ketika kamu memegang wajahmu, maka akan terjadi transfer kotoran dari tangan ke kulit wajahmu. Kotoran tersebutlah yang bisa menyebabkan timbulnya jerawat pada wajah. Oleh karena itu, hindari menyentuh wajah atau pastikan tanganmu telah bersih sebelum menyentuh wajah.

Gunakan tabir surya

Proses pencegahan jerawat pada wajah akan terasa sulit jika kamu sering beraktivitas di luar ruangan pada siang hari. Tapi, jangan khawatir, kamu bisa menggunakan skin care sebelum beraktivitas seperti tabir surya untuk melindungi kulit wajah. Tabir surya berguna untuk mencegah wajah Anda dari paparan debu yang banyak tersebar di jalanan serta terik matahari yang bisa merusak kulit wajahmu. Sehingga, kulit wajahmu akan lebih bersih serta terhindar dari jerawat jika menggunakan tabir surya.