By | 7 Oktober 2018
Hidup memang penuh dengan kata-kata aneh. Selain kata-kata aneh, banyak pula singkatan. Orang Indonesia tampaknya senang dengan membuat singkatan-singkatan semacam ini. Membuat sesuatu dengan nama panjang, lalu dengan lihainya disingkat. Setiap harinya anda pasti bersinggungan dengan yang namanya singkatan. Tapi apakah anda yakin tahu kepanjangan dari singkatan-singkatan yang sering anda baca tersebut?

1. STNK

Kepanjangannya: Kepanjangan STNK yang benar adalah Surat Tanda Nomer Kendaraan Bermotor. Ya, ada Bermotornya di belakang. Mengapa singkatannya bukan jadi STNKB? kami pun tidak tahu. Tapi bila anda tidak percaya, coba saja anda lihat STNK anda.

2. RSVP

Anda pasti sering melihat kata ini jika anda dapat undangan dari teman untuk menghadiri sebuah event. Biasanya untuk mengkonfirmasi kalau anda akan datang, anda harus RSVP dulu. Tapi sebenernya apa sih kepanjangan dari RSVP?
Kepanjangannya: RSVP adalah singkatan dari répondez s’il vous plaît, sebuah kalimat bahasa Perancis yang artinya kurang lebih “minta tanggapan”. Minta tanggapan apa? Ya tanggapan bahwa anda akan datang atau tidak.

3. ISBN

Anda yang suka baca buku pasti sering melihat di bagian belakang buku. Semua buku yang legal pasti punya ISBN. Lalu apa kepanjangan dari ISBN?
Kepanjangannya: International Standart Book Number, sebuah kombinasi nomer unik yang jadi penanda sebuah buku. Jadi, bila anda ingin membuat sebuah buku yang diedarkan secara luas, anda harus dapat ISBN tersebut.

4. A&W

Sebuah restoran fastfood yang cukup populer di Indonesia dan dunia. Sebenarnya apa kepanjangannya?
Kepanjangannya: Sebenarnya A&W hanya kependekkan dari nama dua orang foundernya, yaitu Roy W. Allen dan Frank Wright.

5. CSW
Untuk anda yang pernah lewat daerah Blok M di Jakarta pasti pernah melihat penunjuk jalan yang menunjukkan arah ke CSW. Apa itu CSW?
Kepanjangannya: CSW adalah kependekkan dari Central Stichting Wederopbouw, yang artinya kurang lebih pusat yayasan rekonstruksi. Jadi alkisah daerah tersebut pada zaman Belanda dulu dipakai untul menyimpan alat-alat berat untuk pembangunan.

6. Ombudsman

Kata ini sebenarnya pasti sudah sering anda dengar dari dulu. Lalu belakangan ini juga pasti anda sering lihat iklannya dimana-mana. Pokoknya kalau ada yang tidak beres, laporkan saja ke Ombudsman!
Kepanjangannya: Ternyata Ombudsman bukan singkatan! Bahkan Ombudsman ini bukan bahasa Indonesia. Jadi Ombudsman itu adalah sebuah badan yang dibentuk pemerintah yang tujuannya untuk menerima keluhan dari masyarakat mengenai hal-hal yang tidak berjalan sebagaimana mestinya. Ombudsman ini ada di banyak negara. Lalu asal katanya dari mana? Ternyata kata ini berasal dari bahasa old norse, umboðsmaðr, yang artinya kurang lebih adalah representatif.
Begitulah kurang lebih, Serupedians. Mudah-mudahan menambah wawasan anda. Ada yang ingin menambahkan?