By | 7 Oktober 2018
Agama mengajarkan kita, mereka yang “mendahului” kita kehidupan-nya akan terus berlanjut setelah kematian, namun bagaimana dengan mereka yang ditinggalkan? keluarga…teman…bagaimana mereka tetap mengingat yang telah “pergi” lebih dahulu. Beberapa di antara kita lebih memilih mengingat melalui media foto, video, benda-benda peninggalan, dan bahkan menyimpan abu kremasi dalam sebuah wadah. Ternyata diluar sana banyak cara kreatif dalam mengemas abu kremasi menjadi sebuah benda yang memiliki nilai historis.

1. Jam Pasir

Sebuah perusahaan kremasi membuat jam pasir yang tentu saja pasirnya berasal dari abu kremasi. Mengingatkan kita bahwa tidak ada yang abadi di dunia ini bukan?

2. Piringan Hitam

Perusahaan And Vinyly menyediakan jasa merubah abu kremasi menjadi piringan hitam. Di piringan hitam akan ditulis nama almarhum, tahun lahir, dan tahun meninggal. Lagu bisa anda pilih sendiri, nah di cover album-nya akan digambar foto wajah yang terbuat dari acrylic dan abu kremasi.

3. Cincin Berlian

Beberapa perusahaan menerima jasa membuat berlian berkualitas tinggi yang terbuat dari abu jenazah.

4. Teddy Bear

Sebuah perusahaan bernama Huggable Urns menawarkan jasa menyimpan abu kremasi dalam sebuah boneka Teddy Bear agar anda bisa memeluknya setiap saat…..oh oke ini agak menyeramkan.

5. Tato

Perusahaan Commemorative tattoos menawarkan jasa tato tubuh yang terbuat dari tinta tato yang bisa dicampur dengan abu kremasi.

6. Pensil
The Carbon Copies Project merubah abu kremasi menjadi 240 set pensil beserta kotak penyimpannya. Tiap pensil bertuliskan nama almarhum beserta tahun lahir dan tahun kematian. Untuk meruncingkan pensil anda harus menyerut pensil tersebut di kotak penyimpanannya. Dengan demikian abu kremasi tetap tersimpan di dalam kotak ini.

7. Lukisan
Beberapa seniman menggunakan campuran cat dengan abu kremasi jenazah untuk menghasilkan lukisan almarhum.
8. Kaca Patri.

Abu Jenasah diselipkan di beberapa lapisan kaca patri.

9. Pohon

Jika list diatas menunjukkan bagaimana abu kremasi dikemas dalam sebuah benda mati kali ini Perusahaan bernama Biopresence mengemas DNA almarhum ke dalam sebuah pohon. Intinya adalah menyuntikkan DNA almarhum ┬áke dalam sebuah pohon tanpa merubah DNA pohon tersebut. Pohon ini lalu menjadi semacam “living memorial”.

10. Kembang Api

Inilah versi lebih “gila” daripada prosesi menebarkan abu ke laut, beberapa perusahaan kembang api menawarkan jasa menebarkan abu dengan cara mencampurkan abu kremasi dengan bahan-bahan pembuat kembang api, ketika kembang api meledak abu ikut tersebar.