By | 1 Desember 2019

Rambut mengembang, kasar, kusam, dan bercabang menjadi salah satu masalah perempuan yang berambut kering. Pada umumnya, rambut mengembang sulit diatur sehingga terlihat tidak rapi. Masalah-masalah tersebut tentunya sangat mengganggu kaum hawa. Beberapa penyebab rambut mengembang dan kering, biasanya dikarenakan terlalu sering menggunakan alat-alat styling, terpapar polusi, sinar matahari, atau mengganti warna rambut. Untuk mengatasinya, berikut cara alami melembutkan rambut untuk rambut mengembang yang dapat Anda ikuti.

PAKAI SAMPO KHUSUS RAMBUT KERING

Agar rambut kering dan mengembang menjadi lebih lembut, Anda perlu menggunakan sampo khusus untuk rambut kering. Saat ini ada banyak sampo khusus rambut kering yang dapat Anda pilih sesuai dengan masalah rambut Anda.

PAKAI KONDISIONER RAMBUT

Untuk melembutkan rambut kasar dan mengembang, Anda perlu menggunakan kondisioner setelah keramas. Kondisioner sendiri memiliki fungsi untuk menghaluskan rambut, menjaga kelembapan, dan mencegah rambut bercabang. Oleskan kondisioner pada batang rambut dan jangan sampai mengenai kulit kepala, diamkan selama beberapa menit kemudian bilas hingga benar-benar bersih. Pilihlah kondisioner sesuai dengan jenis rambut Anda.

JANGAN TERLALU SERING KERAMAS

Untuk melembutkan rambut mengembang dan kasar, jangan terlalu sering keramas. Sebaiknya, lakukan dua sampai tiga kali seminggu. Keramas terlalu sering dapat membuat rambut menjadi kering dan membuat rambut Anda semakin mengembang.

GUNAKAN MASKER RAMBUT

Selain sampo dan kondisioner, Anda juga dapat menggunakan masker rambut untuk melembutkan rambut yang kering. Gunakan masker rambut 1 kali seminggu sebagai perawatan tambahan untuk merawat rambut kering.

HINDARI MENYISIR RAMBUT KETIKA MASIH BASAH

Saat rambut masih basah, akar rambut masih dalam kondisi yang rapuh sehingga sangat mudah mengalami kerusakan. Keringkan rambut sebelum memulai menyisirnya, Keringkan rambut Anda secara alami dengan cara diangin-anginkan, hindari mengeringkan rambut dengan hair dryer.

JANGAN TERLALU SERING TERPAPAR SINAR MATAHARI

Hindari paparan panas matahari, karena dapat membuat rambut kehilangan nutrisinya, sehingga rambut kering dan mudah rontok. Dalam keseharian, Anda dapat menggunakan penutup kepala seperti topi apabila sedang melakukan aktivitas  di bawah terik matahari dalam jangka waktu yang panjang jika ingin rambut Anda tetap sehat.

JANGAN IKAT RAMBUT SAAT TIDUR

Waktu tidur adalah saatnya rambut Anda bernapas. Jadi bila saat tidur rambut Anda diikat malah membuatnya sulit untuk bernapas. Mengikat rambut juga dapat membuat rambut mengembang dan ikal saat Anda bangun tidur. Bila mengikat rambut saat bepergian, jangan mengikat rambut terlalu kencang untuk menjaga kesehatan rambut Anda.

BATASI PENGGUNAAN ALAT-ALAT PEMANAS RAMBUT

Sebisa mungkin untuk meminimalisir penggunaan alat-alat pemanas rambut seperti hair dryer, catokan keriting maupun lurus. Karena suhu panas dari alat-alat styling tersebut dapat membuat lapisan melanin pada rambut menipis. Inilah yang menjadi cikal bakal rambut mengalami kerusakan seperti kering, rapuh, terlihat kusam, rontok, dan bercabang.

PERHATIKAN ASUPAN MAKANAN

Jangan salah, salah satu cara merawat rambut untuk sehat dengan memperhatikan makanan yang Anda konsumsi. Sebaiknya, Anda mengonsumsi makanan yang mengandung protein dan asam lemak omega 3. Kandungan-kandungan tersebut dapat Anda peroleh dari kacang-kacangan dan ikan salmon.

Selain mengikuti tips-tips di atas, Anda perlu melembutkan rambut menggunakan produk dari bahan alami yang aman. Salah satu produk rambut untuk rambut kering yang menggunakan bahan alami dan dapat diandalkan adalah The Body Shop. Sejak 1976 The Body Shop telah menghasilkan berbagai produk kecantikan dan kosmetik yang 100% berbahan baku alami. Untuk rambut kering Anda, dapat gunakan banana shampoo dan banana conditioner.

Banana Shampoo dari The Body Shop benar-benar dapat Anda andalkan untuk membersihkan dan menutrisi rambut Anda dengan lembut dengan aroma yang menyegarkan. Sampo pisang ini sangat cocok digunakan untuk jenis rambut normal dan kering. Untuk menyempurnakan khasiat dari Banana Shampo, gunakanlah Banana Truly Nourishing Conditioner The Body Shop sehabis memakai sampo. Aroma conditioner ini sangat harum dan dapat memberi nutrisi pada rambut sehingga membuatnya terasa lebih lembut, lembap, dan berkilau. Kunjungi juga halaman Latest Stories The Body Shop untuk tips cara merawat rambut lainnya.